Blog Detail

  • Home
  • 5 Makanan Khas Madura yang Bikin Kamu Ngiler dan Wajib Kamu Coba

5 Makanan Khas Madura yang Bikin Kamu Ngiler dan Wajib Kamu Coba

Jika kamu Berkunjung ke Madura hanya untuk berjalan-jalan saja, pasti rasanya ada yang kurang . Di daerah  ini, ada beberapa makanan khas Madura yang wajib untuk kamu coba. Berikut 5 makanan khas Madura yang wajib masuk list kamu ketika berkunjung ke pulau garam tersebut :

Sate Madura

Makanan khas Madura yang pertama adalah Sate Madura. Siapa yang tidak mengenal  makanan  satu ini. Jika mendengar orang berbicara tentang sate, pasti yang keluar dipikiran langsung tertuju ke sate Madura.

Memang banyak sate di Indonesia tapi Madura mempunyai bumbu yang khas jika dirasakan. Menurut info yang beredar untuk sate tersebut menggunakan bumbu kacang yang dipadukan dengan petis yang lebih spesial ditambah dengan beberapa  jenis bumbu yang lain, sedangkan olahan sate yang dimasak bisa menggunakan beragam bahan, ada yang menggunakan daging sapi, daging ayam ataupun daging kambing.

Cara pembuatannya sama seperti sate pada umumnya. Daging dipotong kecil-kecilkemudian di tusuk menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu kecil dan dibakar diatas bara api sampai setengah matang, setelah itu diolesi bumbu kemudian dibakar lagi.

Setelah dirasa sate sudah matang, angkat dan dituangi bumbu di atasnya. Sate Madura ini akan lebih terasa nikmat jika makannya dipadukan dengan lontong dan dikonsumsi saat masih hangat.

Soto Madura

Makanan khas Madura  yang cukup recomended selain sate yaitu Soto Madura. Hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner dari jenis soto, tetapi masing-masing daerah memiliki cita rasa dan  bumbu yang berbeda-beda dalam membuat soto tersebut.

Demikian juga  jenis Soto Madura ini,  soto  yang satu ini juga memiliki rasa yang khas, kuahnya memakai bumbu kemiri. Sehingga membuat kuah berwarna  kuning keruh, dan memiliki aroma yang sangat khas.

Bahan dasar untuk memasak soto Madura ini yaitu ayam kemudian ditambahkan dengan bumbu lainnya. Makanan ini akan lebih nikmat apabila disajikan dan dinikmati dengan nasi yang masih hangat, jangan lupa diberi bubuhan bawang goreng dan irisan  kentang yang sudah digoreng.

Rujak Corek Madura

Makan rujak tentu lebih terasa nikmat ketika disantap saat siang hari. Tapi ada yang beda dengan rujak yang ada di daerah Madura ini. Rujak corek, begitulah orang Madura menyebutnya. Disebut rujak corek karena cara membuat rujak tersebut dicorek atau dikeruk. Bahan utama dari rujak corek adalah mentimun.

Mentimun yang sudah dibersihkan kemudian  kulitnya dikupas.Bagian dalam mentimun yang lembut kemudian  “dicorek” atau dikeruk, setelah itu  dijadikan satu dengan bumbu yang sudah di haluskan, aduk rata dengan bumbu, setelah teraduk rata kemudian dimasukkan ke dalam mentimun yang sudah dikeruk dalamnya tadi.

Cara memakannya adalah dengan menggigit sekaligus menyeruput bumbu yang ada di dalam mentimun.

Kaldu Kokot

Nama makanan khas Madura satu ini memang bisa dibilang unik, yaitu kaldu kokot. Bukan Cuma namanya saja yang unik, campuran bahan dari makanan ini juga cukup unik. Arti kokot dalam bahasa Jawa adalah tulang sapi. Jadi bahan dasar dari makanan yang satu  ini adalah tulang sapi dan juga sumsumnya.

Dengan berbahan dasar tulang sapi kemudian dimasak atau diolah dicampur dengan bumbu tertentu. Untuk kuahnya, makanan ini menggunakan bermacam macam rempah dan yang paling penting dan tidak boleh dilupakan yaitu menambahkan kacang hijau.

Itu yang menjadikan makanan ini jadi unik dan memiliki rasa yang gurih. Kaldu kokot ini sangat cocok dimakan menggunakan lontong atau nasi hangat.

Bebek Songkem

Untuk para pecinta bebek, makanan khas Madura satu ini wajib  di coba ketika kamu berkunjung ke Madura.

Sama seperti namanya, makanan ini berbahan dasar bebek yang diolah dengan bumbu tertentu dan dikukus dengan daun pisang sehingga  membuat masakan ini memiliki aroma yang khas.

Cita rasa dari makanan ini tidak kalah enak jika dibandingkan dengan bebek bakar maupun bebek goreng. Dan untuk para traveller wajib mencoba nya karena untuk memperoleh makanan yang satu ini tidak sulit karena banyak restoran dan rumah makan di Madura yang menyediakan menu ini.

Write a comment